• Sabtu, 25 September 2021

Strategi Kementerian PPPA Tekan Jumlah Pekerja Anak di Indonesia

- Kamis, 17 Juni 2021 | 21:58 WIB
Menteri PPPA jelaskan strategi tekan angka pekerja anak di Indonesia. Foto Kemen PPPA (Kementerian PPPA)
Menteri PPPA jelaskan strategi tekan angka pekerja anak di Indonesia. Foto Kemen PPPA (Kementerian PPPA)

Kementerian PPPA terapkan strategi untuk menekan jumlah pekerja anak di Indonesia

BantenTribun- Pekerja anak masih menjadi masalah yang harus diselesaikan di masa pemerintahan presiden dan wakil presiden Jokowi – Makruf Amin.

Data Survey Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) menunjukan bahwa pada tahun 2020 jumlah pekerja anak mencapai 392.061 pada tahun 2020.

Meski telah turun sebanyak 41.005, namun persoalan ini masih terus diupayakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA) untuk terus ditekan.

Oleh karena itu, Kementerian PPPA akan melakukan sejumlah strategi guna menekan bahka menghaps pekerja anak di Indonesia. Hal itu pula terkait dengan upaya perlindungan terhadap hak anak Indonesia.

Menteri PPPA Bintang Puspayoga mengatakan, penghapusan pekerja anak di Indonesia merupakan bagian dari lima arahan prioritas Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kepada lembaga yang dipimpinnya.

“Target kami jumlah pekerja anak rentang usia 10-17 tahun yang kin bekerja bisa terus diturunkan angkanya.” Bintang Puspayoga, seperti dikutip Banten Tribun dari laman resmi Kementerian PPPA Kamis 17 Juni 2020.

Lebih lanjut perempuan yang juga istri dari mantan Menteri Koperasi Anak Agung Ngurah Puspayoga itu mengatakan bila kementerian yang dipimpinnya telah menerapkan sejumlah strategi agar angka pekerja anak bisa ditekan.

Sejumlah strategi diterapkan antara lain dengan mengembangkan basis data pekerja anak, memperkuat koordinasi dan kolaborasi antara pemangku kepentingan terkait pekerja anak, dan mainstreaming isu pekerja anak dalam kebijakan dan program perlindungan khusus anak di kabupaten/kota.

Halaman:

Editor: Jajat Jb

Sumber: Kementerian PPPA

Tags

Terkini

Ali Kalora MIT Bertahun-tahun Diburu, Tewas di Parimo

Minggu, 19 September 2021 | 11:08 WIB
X