• Sabtu, 25 September 2021

Tolak Rencana Pajak Sembako dan Pendidikan, LP Ma'arif NU: Apa yang Ada di Mindset Para Pengambil Kebijakan

- Sabtu, 12 Juni 2021 | 17:10 WIB
logo NU/Dok NU
logo NU/Dok NU

Bantentribun - Wacana pemerintah yang mengemuka saat ini, terkait penerapan pajak pertambahan nilai (PPN) bahan makanan pokok atau sembako begitu juga pajak bidang pendidikan terus menjadi perbincangan publik dan juga penolakan.

Salah satunya Lembaga Pendidikan Ma'arif Nahdlatul Ulama menolak rencana penghapusan bebas pajak bagi lembaga pendidikan, dan meminta pemerintah membatalkannya.

Ketua PP LP Ma'arif NU H Zainal Arifin Junaidi mengatakan, LP Ma'arif NU sampai saat masih terus bergerak dan bergiat di bidang pendidikan.

Baca Juga: 10 Tips Mendidik Anak Bersikap Sabar Sesuai Tuntunan Al Qur'an

Aktifnya LP Ma'arif NU bukan untuk mencari keuntungan finansial, melainkan untuk terus berperan serta dalam upaya mencerdaskan bangsa sebagai pelaksanaan amanat UUD 1945. 

Menurutnya, dalam menetapkan biaya pendidikan yang harus ditanggung murid, jangankan menghitung komponen margin dan pengembalian modal untuk menggaji para guru pun mereka sangat bersusah-payah.   

"Dapat menggaji tenaga didik kependidikan dengan layak saja merupakan hal yang berat. Karena hal itu akan sangat memberatkan orang tua murid," kata Kiai Arjuna, sapaan akrabnya yang dikutip Bantentribun dari NU Online, Sabtu 11 Juni 2021.

Baca Juga: Es Potong, Nostalgia Jajanan anak 90 an

LP Ma'arif NU yang bergiat di bidang pendidikan jauh sebelum kemerdekaan RI, saat ini menaungi sekitar 21.000 sekolah dan madrasah di seluruh Indonesia, sebagian besar ada di daerah.

Itu sebabnya, lanjut dia, gaji tenaga didik kependidikan di lingkungan LP Ma'arif NU harus diakui masih jauh dari layak, karena jauh di bawah UMK. Padahal tugas, posisi dan fungsi guru tak berada di bawah buruh.  

Halaman:

Editor: Aep Saepulloh

Sumber: NU Online

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ali Kalora MIT Bertahun-tahun Diburu, Tewas di Parimo

Minggu, 19 September 2021 | 11:08 WIB
X