• Selasa, 18 Januari 2022

Gempa Tektonik M 6,6 Di Selatan Banten Tidak Berpotensi Tsunami, Masyarakat Diminta Tidak Termakan Isu

- Jumat, 14 Januari 2022 | 21:37 WIB

BantenTribun—Gempa Tektonik yang terjadi pada pukul 16.05  WIB mengguncang Wilayah Selatan Banten ini, tidak berpotensi tsunami.

Gempa tektonik berkekuatan 6,6 SR yang diikuti gempa susulan dengan skala kekuatan menurun ini juga terasa di beberapa kota; Jakarta, Sukabumi, Bogor, Bandung, Bekasi, Wilayah Banten juga Lampung.  

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 6,6.

BMKG menjelaskan episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,21° LS ; 105,05° BT  atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 132 km arah Barat Daya Kota Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten pada kedalaman 40 km.

Baca Juga: The 355 Film Aksi Intelijen Cewek Berbagai Agen Basmi Teroris Pemantik Perang Dunia III

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas subduksi.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault).

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Cikeusik dan Panimbang, pada tingkat VI MMI. Ini artinya getaran dirasakan oleh semua penduduk. Kebanyakan semua terkejut dan lari keluar.

Sedangkan guncangan gempa yang dirasakan di Jakarta, Kota Tangerang, Ciracas, Bekasi, Kota Bandung, Kab.Bogor, Kotabumi, berada pada level II hingga III MMI, yang berarti getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu.  

Halaman:

Editor: Kamim Rohener

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pedagang Pasar Lama Serang, Keluar Lagi

Senin, 17 Januari 2022 | 23:16 WIB
X