• Selasa, 18 Januari 2022

Kabupaten Penajam Paser Utara Calon Ibu Kota Baru yang Trending, Jokowi Disebut Sudah Kantongi Nama IKN

- Kamis, 13 Januari 2022 | 21:32 WIB
Abdul Gafur Mas'ud, Bupati Penajam Paser Utara yang terjaring OTT dan ditangkap KPK terkait dugaan korupsi dan gratifikasi, pada Rabu 12 Januari 2022. (foto@facebook)
Abdul Gafur Mas'ud, Bupati Penajam Paser Utara yang terjaring OTT dan ditangkap KPK terkait dugaan korupsi dan gratifikasi, pada Rabu 12 Januari 2022. (foto@facebook)

BantenTribunKabupaten Penajam Paser Utara, nama ini kembali trending.

Pertama, ditangkapnya Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara, Abdul Gafur Mas’ud, dalam OTT KPK, pada Rabu 12 Januari 2022, cukup mengejutkan.

Kedua, Di Kabupaten Penajam Paser Utara, juga sedang berlangsung pembangunan sebagai ibu kota baru, dan dikabarkan Presiden Jokowi sudah memiliki nama untuk calon ibu kota baru ini.

Menurut Ketua Panitia Khusus Rancangan Undang-undang Ibu Kota Negara (Pansus RUU IKN) DPR Ahmad Doli Kurnia mengatakan nama IKN baru itu akan disampaikan di tahap akhir atau bertepatan dengan pengesahan RUU IKN.

Baca Juga: Hari Esok Pasti Akan Lebih Baik, Hati Menjadi Basah

"Nama ibu kota negara itu di akhir lah, di level pemerintah. Katanya Pak Presiden sudah mengantongi namanya. Nanti akan disampaikan di saat-saat akhir, ya mudah-mudahan saat pengesahan nanti," kata Doli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, dikutip Kamis 13 Januari 2022.

Doli  menjelaskan pembahasan RUU IKN masih berlanjut dengan fokus pada empat poin yang masih menjadi perdebatan. 

Pertama, soal status pemerintah daerah khusus IKN yang akan disebut sebagai otorita.

Kedua, soal pendanaan dan pembiayaan, di mana sebagian besar anggota Pansus RUU IKN DPR meminta agar pembangunan IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara tak terlalu membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Halaman:

Editor: Kamim Rohener

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sejarah Gempa Tsunami Selat Sunda

Jumat, 14 Januari 2022 | 21:53 WIB
X