• Selasa, 18 Januari 2022

Omicron Merebak, Satgas Covid-19: Durasi Karantina Bakal Disesuaikan Kondisi Kasus

- Rabu, 1 Desember 2021 | 10:40 WIB
Varian Covid-19, Omicron
Varian Covid-19, Omicron

BantenTribunOmicron, varian Covid-19 yang dikabarkan memiliki penularan lebih dahsyat disbanding varian lainnya, juga santer diberitakan mulai merebak.

Terkait Omicron dan karantina bagi pelaku perjalanan internasional, Jubir Satgas Covid-19 angkat bicara.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menyebut durasi waktu karantina bagi pelaku perjalanan internasional bersifat dinamis seiring dengan perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia.

Hal ini sekaligus menanggapi kemungkinan waktu karantina dievaluasi jika varian Omicron sudah merebak ke berbagai negara, termasuk negara tetangga.

Baca Juga: Rayyanza Malik Ahmad Nama Lengkap Baby 'R' Putra kedua Raffi Ahmad dan Nagita Slavina: Pintu Surga Keluarga

"Sama seperti kebijakan pengendalian Covid-19 yang dinamis, durasi karantina pun akan menyesuaikan kondisi kasus terkini dengan monitoring dan evaluasi secara berkelanjutan," jelas Wiku dalam konferensi pers secara daring, Selasa, 30 November 2021.

Menurut Wiku, penetapan durasi karantina untuk pelaku perjalanan internasional di luar negara transmisi varian Omicron, yakni selama tujuh hari telah melalui berbagai pertimbangan.

"Penetapan tujuh hari karantina telah ditetapkan berdasarkan segi efektivitas dan efisiensi di tengah upaya antispasi ekstra terhadap varian baru," tuturnya.

Pemerintah sebelumnya sudah menerapkan larangan masuk bagi warga negara asing (WNA) yang memiliki riwayat perjalanan selama 14 hari dari 11 negara transmisi varian Omicron.

Halaman:

Editor: Kamim Rohener

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sejarah Gempa Tsunami Selat Sunda

Jumat, 14 Januari 2022 | 21:53 WIB
X