• Sabtu, 25 September 2021

Kominfo Sebut Tiga Langkah Amankan Data Pribadi di Ruang Siber

- Sabtu, 5 Juni 2021 | 04:58 WIB
KEMANAN DATA PRIBADI. FOTO :PIXABAY
KEMANAN DATA PRIBADI. FOTO :PIXABAY

 

Kementerian Kominfo sebut tiga langkah untuk mengamankan data pribadi di ruang siber

 

BantenTribun- Keamanan data pribadi menjadi isu yang terus mengemuka akhir-akhir ini. Pandemi Covid 19, transformasi digital, perubahan gaya hidup, gaya belanja dan cara bertransaksi menjadi beberapa pemicu betapa data pribadi di dunia digital sangat penting untuk dijaga.

Berbagai kasus kebocoran data, seperti yang terjadi pada salah satu platform belanja online di Indonesia beberapa waktu lalu mendorong masyarakat untuk lebih berhati-hati menggunakan data pribadi di ranah digital.

Direktur Informasi Polhukam pada Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Ditjen IKP) Bambang Gunawan menyatakan faktor utama dalam menjaga keamanan data pribadi adalah pribadinya itu sendiri.

Baca Juga: Soroti Kecelakaan di Tempat Wisata, Sandiaga Uno Tegaskan Bila ada Pelanggaran Hukum Harus Diproses

“Masyarakat mampu mengantisipasi penyalahgunaan data pribadi dengan berbagai cara. Sebetulnya salah satunya dengan tidak membagikan informasi tentang pribadi kita pada sembarang orang.” Ungkapnya, dalam Webinar Virtual, Cerdas dan Kritis Melindungi Data Pribadi di Ruang Siber, beberapa waktu lalu. Seperti ditulis di laman resmi Kominfo.

Lebih lanjut Bambang juga menyebutkan ada tiga langkah untuk mengamankan data pribadi yang bisa dilakukan oleh masyarakat. Pertama, tidak membagikan data pribadi kepada sembarang orang atau pihak tertentu.

Halaman:

Editor: Jajat Jb

Sumber: Kementerian Kominfo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ali Kalora MIT Bertahun-tahun Diburu, Tewas di Parimo

Minggu, 19 September 2021 | 11:08 WIB
X