• Sabtu, 4 Desember 2021

Kebijakan Baru di Cina, Pasangan Boleh Punya Tiga Anak

- Senin, 31 Mei 2021 | 21:44 WIB
KELUARGA TIGA ANAK
KELUARGA TIGA ANAK

Kebijakan baru di Cina, negara dengan populasi terbanyak di dunia membolehkan pasangan yang sudah menikah punya tiga anak. Kebijakan itu menyusul kekhawatiran akan laju kelahiran yang melambat.

BantenTribun- Cina merupakan negara dengan populasi tertinggi di dunia. Faktanya, negara itu punya kekhawatiran soal regenerasi dan angka kelahiran.

Dilansir Reuters, Pemerintah negara itu mengeluarkan kebijakan baru soal jumlah anak yang dibolehkan dalam sebuah keluarga.

Pada awalnya pemerintah negara itu menetapkan satu keluarga satu anak, namun pada tahun 2016 menggantinya menjadi maksimal dua anak. Perubahan itu didasari pada kekhawatiran populasi yang menua dengan cepat.

Baca Juga: Intimidasi dan Tekanan Penyebab 20 Pejabat Dinkes Banten Mundur, Ini Daftarnya 

Kebijakan maksimal dua anak ternyata gagal dalam menciptakan lonjakan kelahiran. Masalahnya ada pada biaya membesarkan anak di kota-kota di Cina seperti Beijing yang cukup tinggi.

Data terbaru juga menunjukan bila tingkat kesuburan di cina hanya 1,3 anak per wanita pada tahun 2020. Padahal target yang diinginkan sekitar 2.1 per wanita.

Keluarga di negara ini bukan bertahan pada batasan dua anak, mereka mengeluh soal biaya yang sangat tinggi untuk membesarkan anak termasuk soal tempat tinggal, kegiatan ekstrakurikuler, makanan, perjalanan, dan lainnya, Kenaikannya terlalu cepat." Ungkap Yifei Li, sosiolog di NYU Shanghai, kepada Reuters.

Masalah lain juga muncul soal beban wanita di Cina yang terlalu berat ketika punya anak. Banyak wanita di negara itu merasa beban mereka terlalu besar ketika membesarkan anak.

Halaman:

Editor: Jajat Jb

Tags

Artikel Terkait

Terkini

CR7 Ngamuk, Bongkar Kebohongan di Ballon d’Or

Selasa, 30 November 2021 | 15:16 WIB

Facebook Rebranding Nama Jadi Meta

Jumat, 29 Oktober 2021 | 09:43 WIB

Afghanistan dan Lahirnya Gerakan Taliban 1994

Selasa, 24 Agustus 2021 | 06:07 WIB

Afghanistan: Medan Tempur untuk AS dan Soviet

Jumat, 20 Agustus 2021 | 17:22 WIB
X