• Minggu, 24 Oktober 2021

Ribuan Calon Santri Berjuang Menuju Gontor, Tempat yang Tidak Bisa Dibeli

- Kamis, 27 Mei 2021 | 11:09 WIB
Luqman Abie Wijaya meminta restu sebelum berangkat menuju Gontor
Luqman Abie Wijaya meminta restu sebelum berangkat menuju Gontor

 

Gontor, menjadi mimpi bagi calon santri. Memperoleh kursi di tempat ini harus bersaing ketat melewati serangkaian proses seleksi. Gontor diyakini menjadi salah satu tempat yang tidak bisa dibeli.

BantenTribun-Jika saja Gontor bisa dibeli, atau bisa diajak kompromi, maka mungkin ribuan calon santri tidak perlu cemas, bahkan mungkin tidak  perlu melibatkan Tuhan untuk meminta agar bisa nyantri menimba ilmu di sana.

Namun, karena Ponpes Gontor tidak bersikap memprioritaskan orang-orang penting di negeri ini, atau disaat rasa hormat, kedudukan,dan kelas, bisa dibeli dengan harga tertentu, Gontor justru menjadi satu tempat yang menampik itu.

Tak heran, ribuan calon santri, termasuk Luqman Abie Wijaya, yang punya mimpi untuk bisa menimba ilmu di sana, harus bersiap diri menghadapi ketatnya persaingan. Kehadiran lembaga seperti Bimatren di Karawang Jawa Barat pun, menjadi pilihan orangtua untuk mengirimkan putra putrinya. Mengikuti beragam persiapan di ‘Kawah Candradimuka -nya” calon santri gontor.

Baca Juga: Wakil Bupati Karawang Lepas 108 Calon Santri Gontor

“Semua calon yang mengikuti bimbingan di Bimatren memiliki peluang yang sama. Tahun kemarin, dari 91 calon santri Gontor, 90 persennya berhasil lulus diterima. Hanya 2 orang yang gagal,” jelas Iman Khambali, pembimbing Bimatren Karawang, kepada BantenTribun, Kamis, 27 Mei 2021.

Menurut Iman, pada tahun ini jumlah calon santri yang mengikuti bimbingan di lembaganya meningkat. Tercatat ada 109 caoln santri, dan sudah diberangkatkan menuju Gontor, Rabu kemarin,  untuk menjalani serangkaian proses ujian masuk.

“Hari ini dijadwalkan mulai berlangsung tahapan tes seleksi. Hasil tes itu akan diumumkan pada 1 atau 2 Juni 2021 nanti. Semua berpeluang, termasuk Luqman Abie wijaya, alumni SD dari Jepang,” terang Iman.

Halaman:

Editor: Kamim Rohener

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Kota di Indonesia yang Dijuluki Kota Santri

Jumat, 22 Oktober 2021 | 09:59 WIB
X