• Sabtu, 4 Desember 2021

Edaran Terbaru Satgas Covid-19 tentang Ketentuan Perjalanan Dalam Negeri

- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 17:37 WIB
Ilustrasi perjalanan darat. /Pikiran-rakyat.com/Armin Abdul Jabbar
Ilustrasi perjalanan darat. /Pikiran-rakyat.com/Armin Abdul Jabbar

Bantentribun - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 21 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). 

Edaran yang ditandatangani Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Ganip Warsito pada tanggal 20 Oktober 2021 ini berlaku efektif mulai tanggal 21 Oktober 2021. 

“Surat Edaran ini berlaku efektif mulai tanggal 21 Oktober 2021 sampai waktu yang ditentukan kemudian dan akan dievaluasi lebih lanjut sesuai dengan perkembangan terakhir di lapangan ataupun hasil evaluasi dari kementerian/lembaga,” kata Ganip dikutip Bantentribun dari Satkab.

Baca Juga: Trailer Sinetron Ikatan Cinta 23 Oktober 2021: Andin dan Al Temui Vera, Ini yang Diceritakan Soal Denis?

Ditegaskan Ganip dalam edaran tersebut, maksud SE ini adalah untuk menerapkan protokol kesehatan terhadap pelaku perjalanan dalam negeri.

Sedangkan tujuannya adalah untuk melakukan pemantauan, pengendalian, dan evaluasi dalam rangka mencegah terjadinya peningkatan penularan COVID-19. 

“Perjalanan orang dalam negeri adalah pergerakan orang dari satu daerah ke daerah lainnya berdasarkan batas wilayah administrasi provinsi/kabupaten/kota dengan menggunakan moda transportasi pribadi maupun umum baik melalui jalur darat, perkeretaapian, laut, sungai, danau, penyeberangan, dan udara, terkecuali pada pelaku perjalanan penerbangan perintis, dan transportasi laut ke pulau kecil,” dijelaskan dalam SE. 

Baca Juga: Semifinal Denmark Open 2021 Hari Ini: Ganda Gado-gado Asal Serang, Melati /Praveen Tantang Ganda Thailand

Adapun ruang lingkup SE ini adalah protokol kesehatan terhadap pelaku perjalanan dalam negeri yang menggunakan seluruh moda transportasi di seluruh wilayah Indonesia.***

Editor: Aep Saepulloh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X