• Sabtu, 4 Desember 2021

Masih Banyak Santri yang Belum Tahu Sejak Kapan 22 Oktober Ditetapkan Sebagai Hari Santi Nasional

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 16:56 WIB
Suasana santri   salah satu Ponpes di Rangkasbitung dalam menyambut peringatan Hari Santri Nasional 22 Oktober 2021 (@bantentribun)
Suasana santri salah satu Ponpes di Rangkasbitung dalam menyambut peringatan Hari Santri Nasional 22 Oktober 2021 (@bantentribun)

BantenTribun—22 Oktober 2021 besok diperingati sebagai Hari Santri Nasional.

Peringatan ini dimaksudkan untuk mengingat perjuangan para santri dan ulama yang telah mewakafkan hidupnya untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia dan mewujudkan cita-cita kemerdekaan tersebut.

Sejarah mencatat para santri dengan caranya masing-masing, bergabung dengan seluruh elemen bangsa melawan penjajah, menyusun kekuatan di daerah-daerah terpencil, mengatur strategi, mengajarkan tentang arti kemerdekaan.

Namun, meskipun para santri mengetahui 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri Nasional, nyatanya dari 10 santri yang ditanya secara random di sebuah Pondok Pesantren di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, semua tidak tahu sejak kapan peringatan Hari Santri mulai ada.

Baca Juga: Arak- arakan Kendaraan Hias, Tradisi Unik Warga Kadupandak Menyambut Maulid Nabi yang Tak Pernah Lepas

“Rata- rata tidak mengetahui persis sejak kapan peringatan hari santri itu ada,” ujar ustad Funandi, salah satu pengasuh pondok pesantren, Kamis, 21 Okober 2021.

Namun demikian, para santri yang ditanya rata-rata mengetahui maksud peringatan Hari Santri tersebut, dengan jawaban berbeda.

“Jawabannya berbeda-beda, ada yang mengatakan untuk mengenang perjuangan para santri dalam kemerdekaan, ada juga yang jawab mengenang resolusi jihad sewaktu jaman KH Hayim Asy’ari,” terang Funandi.  

Peringatan Hari Santri ini sudah ditetapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 22 Oktober 2015, atau sekira enam tahun lalu.

Halaman:

Editor: Kamim Rohener

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X